BijakFun

Seekor Anak Anjing Tuli Berhasil Belajar Bahasa Isyarat

Rafa, anak anjing Tuli yang belajar Bahasa Isyarat selama 2 tahun.

1,924  views

KamiBijak.com, Hiburan – Rafa, seekor anak anjing Tuli berjenis Spanish Water asal Guernsey, Inggris berhasil belajar Bahasa Isyarat. Menariknya, Rafa mempelajari Bahasa Isyarat dalam kurun waktu dua minggu.

Cerita awalnya, ketika Jo Le Page pemiliknya menyadari bahwa Rafa tidak terpengaruh oleh latihan keras atau alarm asap yang berbunyi sehingga Jo mulai mencari tahu bahwa ada sesuatu yang terjadi pada anjingnya tersebut.

Jo akhirnya menyadari bahwa anjing peliharaannya yang berusia tujuh bulan ternyata Tuli, ia berusaha mengajari anak anjing itu tanpa berkata-kata melainkan dengan Bahasa Isyarat.

Rafa, nama anak anjing itu, hingga kini telah mempelajari sembilan tanda yang berbeda, termasuk duduk, berdiri, melihat pemiliknya, berputar, memberi kaki, berbaring, datang, dan menetap.

Misalnya ia berjalan ke arah Jo, berbalik, dan tetap di sana bersamanya. Ia juga dapat mengambil mainan dari tangan pemiliknya, menggunakan sinyal yang diberikan Jo sebagai petunjuk.

Jo mengatakan, pelatihan Bahasa Isyarat untuk Rafa belum selesai, karena Jo ingin terus mengajari Rafa lebih banyak tanda.

Jo juga selalu mengapresiasi Rafa ketika anak anjingnya itu berhasil membaca tanda-tanda Jo, ia mengacungkan jempol untuk memberi semangat.

Saat ini, Rafa sedang berlatih untuk melihat apakah anjingnya bisa tetap tenang saat ditempatkan di kursi roda dan saat menavigasi lingkungan asing. Jo menyampaikan bahwa Rafa berpotensi menjadi salah satu anjing terapi Tuli pertama.

“Ini hanyalah awal dari perjalanannya dan kami hanya menjalaninya setiap hari. Kebanyakan orang tidak akan repot. Pikiran awal kami adalah akan sulit atau tidak mungkin untuk melatih anjing yang tidak bisa mendengar," ujar Jo.

Ia berharap kisah Rafa akan menginspirasi pemilik lain untuk tidak menyerah terhadap anjing mereka setelah mengetahui adanya gangguan tertentu. Ia juga mengatakan pengalamannya bisa ‘membuka dunia baru’ bagi pemilik anjing Tuli lainnya untuk mengajari terapi Bahasa Isyarat. (MG/Nadia)

Sumber: Liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.