BijakFun

Program Tingkatkan Kebugaran Siswa Tuna Netra Digagas oleh Mahasiswa UNY

Beberapa mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta membuat program tingkatkan kebugaran siswa Tuna Netra.

242   views

Kamibijak.com, Hiburan - Kondisi kebugaran jasmani yang rendah sering dinilai untuk siswa-siswa yang berkebutuhan khusus. Meski di Sekolah Luar Biasa (SLB) adanya program untuk meningkatkan kebugaran jasmani, namun olahraga yang dilakukan dirasa kurang efektif karena beberapa kendala.

Khususnya dialami siswa penyandang tuna netra. Kendala yang dihadapi anak-anak penyandang tuna netra mulai dari keterbatasan alat, keterbatasan ruang hingga pengetahuan guru. Terbatasnya pengetahuan guru dalam mengajarkan kebugaran jasmani disebabkan guru bukan dari bidang studi tersebut.

Jadinya, kegiatan tersebut yang udah dilakukan kurang mengarah ke peningkatan kebugaran jasmani. Dan ada juga kegiatan yang kurang variatif, yang membuat siswa cepat merasa bosan.

Maka dari itu, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mempunyai ide untuk membuat program pelatihan untuk menningkatkan kebugaran jasmani mereka.

Metode yang diciptakan adalah ‘Peningkatan Kebugaran Jasmani Anak Tunanetra dengan metode Fun Art berbasis Permainan Tradisional Nusantara’.

Mahasiswa dari UNY yang terlibat dalam program ini diantaranya ada Andri Bangsawan, Destiyani, Nur Afifah, Yustia Pramesti dan Wulan Febrianingsih.

Andri yang merupakan mahasiswa prodi Ilmu Keolahragaan, dari kendala yang dihadapi siswa penyandang tuna netra, dia dan tim mempunya ide untuk melakukan terapi fisik terhadap siswa tunanetra. Andri dan tim kemudian menyusun program latihan terapi untuk meningkatkan kebugaran jasmani.

"Dengan menyesuaikan dengan karakteristik anak tunanetra, dimana dalam keterbatasan mereka tetap bisa melakukan dengan maksimal," kata Andri seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (17/3/2021).

Program tersebut mengadaptasi permainan tradisional dengan bentuk program latihan terapi fisik olahrgaa yang dibuat khusus untuk anak Tuna Netra.

Destiyani menambahkan program pelatihan ini adalah program pelatihan dengan metode berbasis permainan tradisional nusantara yang disesuaikan dengan karakteristik anak-anak tuna netra.

"Pelatihan berbasis permainan tradisional dipilih untuk membudayakan kearifan lokal Indonesia melalui permainan," ujar Destiyani, mahasiswa prodi Pendidikan Anak Usia Dini.

Berbasis permainan tradisional, diantaranya Oray-orayan, Gebuk banyu, dan Terompa Panjang.

"Permainan tradisional oray-orayan merupakan aktivitas ritmik berjalan dan berlari dengan durasi 20-30 menit pada permainan ini menstimulasi kerja paru dan jantung untuk bekerja lebih keras," ungkap Nur Afifah dari prodi Pendidikan Luar Biasa.

Program tersebut secara tidak langsung memacu peningkatan daya tahan paru dan jantung. Lalu, kapasitas kardiorespirasi anak-anak tuna netra akan mengalami peningkatan.

"Pada permainan gebuk banyu anak-anak akan melakukan berbagai macam aktivitas seperti berjalan, jongkok, berlari, melompat dan memukul," kata Yustia, mahasiswa prodi Pendidikan IPA.

Komponen kebugaran jasmani yang menjadi sasaran pada permainan tradisional ini adalah kekuatan otot ekstremitas atas dan daya tahan kardio respirasi. Sedangkan pada terompa panjang melatih kekuatan otot tungkai dan daya tahan kardio respirasi anak-anak. (FEB/MG)

Sumber: https://www.kompas.com/edu/read/2021/03/18/112439171/mahasiswa-uny-gagas-program-tingkatkan-kebugaran-siswa-tuna-netra?page=all#page2
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): tuna netra,teman netra,penyandang tunanetra,kebugaran,kebugaran tunanetra,kebugaran siswa tunanetra,mahasiswa uny,uny,universitas negeri yogyakarta,disabilitas,media disabilitas,berita disabilitas,media ramah disabilitas,kamibijak,kami bijak