BijakFun

Pria Disabilitas Asal Malaysia Ini Jago Muay Thai, Mari Simak Ceritanya!

Seorang pria disabilitas asal Malaysia jago berolahraga Muay Thai.

447  views

Kamibijak.com, Hiburan – Muay Thai merupakan seni bela diri yang berakar dari Thailand. Saat ini olahraga tersebut tenar di kalangan masyarakat luas, baik itu pria maupun wanita. Pada seni bela diri ini membutuhkan kelincahan tubuh yang cepat dan tepat.

Menurut Health Guidance, banyak sekali manfaat dari olahraga ini, seperti, fisik menjadi lebih proporsional, mempengaruhi mental, hingga membakar lemak yang ada di dalam tubuh. 

Mohammad Shahdam Abdul Aziz seorang disabilitas asal Malaysia yang kerap kali mengikuti pertandingan Muay Thai di Malaysia sudah menjadi semacam kemenangan dalam kompetisi ini di South City Plaza, Malaysia. 

Meskipun ia tidak bisa menggunakan seluruh anggota tubuhnya dalam bertanding, ia bisa menyelesaikan rintangan pembukanya di nomor 48kg Putra dengan mengalahkan Areen Khan Shahzam dari Sabah dengan skor 30-27. 

Dilansir dari The Star, ternyata tangan kiri Shahdam diamputasi pada saat dirinya berusia 5 tahun. Namun, Shahdam yang saat ini sudah berusia 18 tahun ini tidak melihat disabilitasnya sebagai kendala. 

“Saya sedang bermain dan tangan saya tergelincir ke dalam mesin tebu. Akibatnya saya kehilangan tangan kiri saya,” ujar Shahdam, yang berharap bisa masuk tim nasional suatu hari nanti.

Ia memang menyukai seni bela diri, maka dari itu ia mulai mencoba olahraga Muay Thai ini. 

“Saya sudah terlibat (dengan Muay Thai) selama hampir 14 tahun. Beberapa melihat situasi saya sebagai kekurangan tetapi itu membuat saya semakin bertekad untuk berjuang dan membuktikan diri,” ujarnya. 

Selain itu, ia juga memberitahu cara ketika mengatasi disabilitasnya saat bertanding adalah dengan cara mengikat tangan kirinya dengan selotip yang lebih tipis agar ia bisa merasakan kelenturannya. 

Tekadnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Shahdam membuktikan kemampuannya itu pada pertandingan Muay Thai baru-baru ini yang lolos dari babak penyisihan dari total 16 medali emas yang diperebutkan.

Pada olahraga seni bela diri ini ternyata bisa membakar sekitar 690 kalori/jam. Selain itu Muay Thai juga bisa meningkatkan keseimbangan diri. (MG/Alissa)


Sumber : Liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.