BijakFun

Perjuangan Bang Udin, Penjual Bubur Peraih Emas ASEAN Para Games

Kisah penjual bubur ayam di Sarinah menjadi atlet panahan peraih medali emas.

401  views

KamiBijak.com, Hiburan – Pria bernama Kholidin atau akrab disapa Bang Udin asal Pekalongan berhasil menginspirasi banyak orang. Bang Udin merupakan atlet sekaligus penjual bubur peraih medali emas di ASEAN Para Games 2022 cabang panahan.

Bang Udin meraih tiga medali sekaligus di ASEAN Para Games 2022. Adapun medali yang diraih yaitu medali emas (ganda putra recurve), perak (ganda campuran recurve), dan perunggu (perorangan recurve putra).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menemui Bang Udin dan membagikan momen tersebut ke akun media sosial miliknya.

"Tidak akan ada yang menyangka! Awalnya berprofesi sebagai tukang bubur, kini peringkat 7 dunia atlet panahan disabilitas," tulis Sandiaga Uno dalam akun Instagram @sandiuno, dikutip pada Kamis (18/8/2022).

Dalam unggahan tersebut, Sandiaga Uno bertanya apa yang spesial dari bubur ayam Bang Udin. Bang Udin, yang sehari-hari berjualan bubur ayam di daerah Sarinah, Jakarta Pusat, menjawab, yang spesial dari bubur ayamnya adalah telur ayam kampung mentah yang dicampur ke dalam bubur ayamnya.

Bang Udin menjelaskan, perjalanannya hingga mencapai posisi sekarang menempuh proses yang tidak mudah. Bang Udin telah membuktikan tekad kuat, kegigihan, dan konsistensi untuk sampai posisi sekarang.

"Pelajarannya bagi kita bahwa di balik musibah pasti ada berkah, dan keterbatasan fisik bukanlah halangan untuk bisa berprestasi. Doa dari kami semoga bisa terus mengukir prestasi di ajang-ajang selanjutnya," lanjut Sandi.

Sandiaga Uno juga berharap usaha bubur ayam Bang Udin dapat berkembang pesat dan dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat yang membutuhkan.

Bang Udin bercerita, suatu ketika pada 2016 Bang Udin jatuh dari pohon, yang membuat tangannya mengalami infeksi sehingga terpaksa diamputasi. Sebelum kejadian tersebut ia sudah menggeluti panahan dengan menggunakan dua tangan.

Salah satu unggahan akun Twitter bercerita bahwa dia menjadi pelanggan bubur ayam Bang Udin dan tidak menyangka bahwa Bang Udin menjadi atlet para archery (panahan). Akun tersebut juga menyampaikan kebanggaannya terhadap Bang Udin yang sudah menginspirasi banyak orang sebagai penjual bubur sekaligus atlet penyumbang medali emas untuk Indonesia. (MG/Nadia).

Sumber: Kompas.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.