KamiBijak.com, Infosiana. Indonesia patut berbangga diri. Pasalnya, Asian Games 2018 telah sukses dilaksanakan dengan begitu meriah dan megah. Menjadi tuan rumah merupakan sebuah kehormatan bagi Indonesia serta bagi masyarakat Indonesia sendiri. Belasan-ribu atlet dari 45 negara sudah melihat betapa indah dan spektakulernya perhelatan Asian Games, mulai dari acara pembuka hingga acara penutup. Pada 2 September 2018, acara penutupan Asian Games 2018 dilaksanakan. Terlihat sangat bagus dan mengharukan.

Prestasi yang diukir para atlet pun patut dibanggakan.

Tahun 2018 dapat menjadi tahun kebanggaan Indonesia. Para atlet berhasil mengumpulkan 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Tidak seperti tahun 1962 yang mana Indonesia hanya mendapat 11 emas, 12 perak, dan 28 perunggu.

Peraih medali emas dapat Bonus dari pemerintah jika memenangkan medali. Bonus yang diberikan mulai dari nominal 150 juta hingga 1,5 miliar rupiah. Tentu saja berbeda-beda menurut medali yang didapat, dan apakah pemain tunggal atau beregu. Tidak hanya itu. Para peraih medali emas berkesempatan untuk diangkat menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan mendapatkan rumah dari pemerintah dengan kisaran Rp.70 – Rp.100 juta, tipe 36.

Dari 47 cabang olahraga yang dipertandingkan, Indonesia menyumbang paling banyak emas dari cabang olahraga Pencak Silat yaitu sebanyak 14 medali dari 16 medali yang diperebutkan. Urutan kedua ada olahraga panjat dinding sebanyak 3 medali emas. Untuk olahraga bulutangkis, paralayang, dan balap sepeda gunung, masing-masing menyumbangkan 2 medali emas. Cabang olahraga lain yang menyumbang masing-masing satu emas antara lain adalah dayung, sepak takraw, wushu, jet ski, angkat besi, karate, tenis, dan taekwondo.

Perolehan medali perak paling banyak disumbang dari cabang olahraga kano sebanyak 3 medali. Penyumbang medali perunggu paling banyak adalah dari cabang olahraga bulutangkis dan bridge dengan 4 medali.

Dari 47 cabang olahraga, Indonesia hanya mengikuti 39 cabang, dan mendapatkan medali dari 25 cabang yang dilombakan. Dengan total 98 medali yang didapat, Indonesia berhasil meraih peringkat ke 4 dari 45 negara. Berada di bawah China, Jepang dan Korea bukan sebuah hal yang memalukan. Indonesia sudah menunjukkan pada Asia, bahkan dunia, bahwa Indonesia juga dapat mengibarkan bendera kebanggaannya di depan mancanegara.

Baca Juga: Informasi Terkini Seputar Nilai Tukar Rupiah Dengan Dollar Yang Semakin Melemah