KabarBijak

Pemprov DKI Jakarta dan DPRKP Sediakan Hunian Khusus Untuk Penyandang Disabilitas.

Dengan adanya hunian khusus tersebut, para penyandang disabilitas bisa merasakan kenyamanan dan fasilitas yang mendukung di unit tersebut.

1626   views

KamiBijak.com, Infosiana – Pemprov DKI Jakarta menyediakan unit hunian khusus yang nyaman bagi penyandang disabilitas di kawasan rumah susun. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan dan menghadirkan rasa keadilan sosial serta juga memberikan kesempatan yang sama dan merata bagi seluruh masyarakat. 

Pemprov DKI Jakarta bersama Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta telah menyediakan setidaknya ada  24 hunian khusus penyandang disabilitas di 10 kawasan rusunawa. Ada pun satu unit khusus penyandang disabilitas di Kampung Susun Akuarium yang juga telah dihuni.

Kepala DPRKP DKI Jakarta, Sarjoko menjelaskan, ada 17 unit rusunawa yang telah memiliki unit hunian khusus bagi penyandang disabilitas, diantaranya adalah Rusunawa Tambora, KS Tubun, Jatinegara Barat, Semper Barat, Rorotan, Nagrak, Penjaringan, Daan Mogot, Rawa Buaya, Tegar Alur, Cakung Barat, Jalan Bekasi KM2, Rawa Bebek Tipe Keluarga, Penggilingan, Pulogebang Penggilingan, BLK Pasar Rebo, dan Pulo Gebang

Menurut Sarjoko, jumlah rumah hunian khusus penyandang disabilitas paling banyak terdapat di kawasan Rusunawa Rawa Bebek dan Cakung Barat, yang di mana masing-masing memiliki empat unit khusus penyandang disabilitas.

Setiap rumah rusunawa, kampung susun, dan rumah DP 0 persen yang dikelola dan dibangun oleh DPRKP DKI Jakarta telah menggunakan tingkat keselamatan yang baik serta memberikan fasilitas untuk umum maupun untuk menunjang kaum disabilitas.

Sajoko menjelaskan adapun fasilitas untuk penunjang disabilitas seperti fasilitas untuk menuju bangunan, slot parkir mobil khusus dan toilet khusus yang berada di lantai dasar selain itu juga ada fasilitas lift, ruangan khusus untuk pengguna kursi roda serta amphitheater. 

Menurut salah satu penghuni Rusun Pulo Gede Towe C, Ketut Ayu Ganevi sejak ia memutuskan untuk menempati hunian tersebut tahun 2019. Ia menuturkan pendapatnya jika ia merasa nyaman dengan fasilitas yang ada rusun tersebut. Hal yang sama juga dirasakan oleh Jerri Yermia, disabilitas netra yang tinggal di Rusunawa BLK Pasar Rebo, ia menjelaskan selain nyaman, akses dan fasilitas di rusunawa tersebut juga memadai.(GLOR/MG) 

Sumber : https://nasional.tempo.co/read/1520167/disabilitas-jakarta-rasakan-kenyamanan-di-unit-hunian-khusus/full&view=ok 

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:     
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

========================================
Tag: penyandang disabilitas,disabilitas,difabel,penyandang difabel,hunian khusus disabilitas,hunian khusus penyandang disabilitas,
hunian khusus disabilitas jakarta,pemprov dki,pemprov dki jakarta,dprkp dki,dprkp dki jakarta,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com