KabarBijak

Pemkot Surakarta Melakukan Uji Coba Bus Low Deck Khusus Penyandang Disabilitas

Bus low deck adalah bus yang dirancang khusus untuk ramah bagi penyandang disabilitas.

1,193  views

Kamibijak.com, Infosiana – Pemerintah Surakarta, Jawa Tengah (Pemkot) mulai menguji coba armada bus khusus bagi penyandang disabilitas. Selain itu Pemkot juga akan melakukan uji coba terhadap armada bus low deck yang terhitung dalam satu bulan ke depan pada Selasa (11/01/2022).

Untuk skema operasionalnya juga dibuat sama seperti Batik Solo Trans yang sudah mulai beroperasi terlebih dahulu. Dilansir dari Tribunsolo.com, bus yang ramah terhadap penyandang disabilitas dioperasikan untuk melayani dari rute Terminal Palur sampai ke Bandara Adi Soemarmo, melewati Balai Kota Surakarta dan Jalan Slamet Riyadi secara contraflow.

Hermin selaku Tim Divisi Jaringan Tim Advokasi Difabel (TAD) Kota Surakarta menjelaskan bahwa armada bus ini dinilai sudah memenuhi penuh kebutuhan penyandang disabilitas atau ramah disabilitas dan tentunya nyaman.

Hermin kembali menambahkan, jika bus itu tidak hanya dapat digunakan bagi pengguna kursi roda saja tetapi juga sudah menjawab kebutuhan para disabilitas netra dan rungu karena sudah dilengkapi dengan running teks dan pengeras suara untuk menunjukkan jalur.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta, Hari Prihatno, menjelaskan bahwa bus low deck merupakan uji coba bus pertama di Indonesia, karena mengingat Surakarta sebagai laboratorium dan moda transportasinya sudah terintegrasi ke wilayah sekitarnya.

Hari menuturkan kalau uji coba selama sebulan untuk mendapatkan masukan dan evaluasi terkait pengoperasian bus khusus kaum difabel ini. (GLOR/MG)

Sumber : https://www.gridoto.com/read/223089525/ramah-bagi-penyandang-disabilitas-pemkot-surakarta-uji-coba-bus-low-deck-khusus-selama-sebulan  

#KabarBijak

#KamiBijakChannel

#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel  

Follow kami juga di sini: 

Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 

Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 

Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook  

TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok  

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.