KamiBijak.com, Infosiana. Diantara kalian pasti ada yang pernah bertemu dengan Tuli (tidak bisa mendengar) dan Buta atau Tunanetra (tidak bisa melihat). Dengan hambatan yang ada itu masyarakat Tuli memilih bahasa isyarat sebagai alat komunikasi.

Sedangkan untuk Tunanetra, mereka berkomunikasi layaknya orang pada umumnya namun berjalan dengan bantuan tongkat. Untuk membaca mereka menggunakan braille atau sistem tulisan yang dicetak dengan simbol khusus agar bisa diraba.

Tapi, tahu kah kalian bahwa ada disabilitas tunaganda yang mengalami Tuli dan Buta (Deaf Blind) didunia ini? Salah satunya yang paling terkenal adalah Helen Keller. Seorang yang terlahir Tuli Buta yang merupakan seorang penulis, aktivis politik dan dosen Amerika.

Di Indonesia sendiri jumlah tunaganda Tuli Buta masih belum diketahui secara pasti, dan Tuli Buta Indonesia masih belum mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Maka dari itu organisasi Gerkatin (Gerakan Kesejahteraan Tunarungu Indonesia) bekerja sama dengan Disability Right Fund menyelenggarakan acara Seminar Deaf Blind guna menyadarkan pemerintah tentang keberadaan Tuli Buta di Indonesia.

Acara ini berlangsung di gedung A lantai 2 Graha 1 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta Pusat pada Kamis (4/4). Dinarasumberi oleh Emma Boswell yang merupakan pembicara dari Inggris.


Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat