Lewati Iklan malesbanget.com

KPK Menyayangkan Korupsi Impor Bawang Putih

Seperti diketahui, anggota Komisi VI DPR RI, Nyoman Dhamantra diduga menerima suap sebesar Rp. 2 miliar via transfer bank untuk mengurus kuota impor bawang putih.

170   views

KamiBijak.com, Infosiana. Seperti diketahui, anggota Komisi VI DPR RI, Nyoman Dhamantra diduga menerima suap sebesar Rp. 2 miliar via transfer bank untuk mengurus kuota impor bawang putih. Hal ini sangat disayangkan oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo, lantaran bawang putih merupakan salah satu produk pangan utama yang digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Diduga, fee yang dipatok oleh Dhamantra adalah sekitar Rp. 1.700,- sampai Rp. 1.800,- per kilogram bawang putih yang diimpor ke Indonesia.

“Semestinya praktik ekonomi biaya tinggi ini tidak perlu terjadi dan masyarakat dapat membeli produk pangan dengan harga lebih murah jika tidak terjadi korupsi,” ungkap Agus. Tahun 2017, KPK sempat menyusun regulasi untuk komoditas bawang putih. Saat itu, ditemukan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti belum adanya kebijakan menyeluruh dari Kementerian Pertanian dalam membangun kemampuan mencukupi kebutuhan bawang putih. Agus menganggap peran Kementerian Perdagangan dalam mengawasi dan mengevaluasi kewajaran kenaikan harga bawang putih belum optimal. Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2019...