BijakFun

Keunikan Santri di Negeri Indonesia

Beberapa keunikan tongkrongan ala Santri di Negeri Indonesia.

696   views

Kamibijak.com, Hiburan - Membahas tentang santri, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata "santri" setidaknya memiliki dua makna. Arti pertama adalah orang yang mendalami agama Islam, dan arti kedua yaitu orang yang beribadah dengan sungguh-sungguh atau orang yang saleh.

Santri biasanya untuk menyebut kaum yang sedang atau pernah memperdalam ajaran agama Islam di Pondok Pesantren. Kata "Pesantren" oleh sebagian kalangan diyakini sebagai asal-usul tercetusnya istilah "santri". Ada beberapa hal yang dapat membuat para alumni santri bernostalgia, diantaranya tongkrongan ala Santri.

Salah satunya dari segi fashion. Para santri kebanyakan banyak yang memakai tas selempang yang nempel dipinggang. Tidak tau pasti alasan para santri memakai tas tersebut, mungkin karena tas selempang itu cukup sederhana, keren, dan praktis.

Lalu, isi di dalam tas selempangnya pun hampir rata-rata sama semua, seperti membawa buku, alat tulis, perlengkapan salat dan kitab Al Quran. Biasanya para santri mengobrol dengan teman-teman santri lainnya di tangga masjid. Meskipun jam istirahat hanya bentar akan tetapi para santri meluangkan waktu untuk saling tegur sapa  dan bercana dengan yang lainnya.

Topik pembicaraan yang dibicarakan beragam, bisa saja membahas seputar hal mistis di pesantren. Di obrolkan ketika waktu senggang di malam hari. Dan ada berbagai tipe-tipe orang ketika sedang ada yang bercerita, ada yang biasa aja dan cuek, hingga orang yang sok berani tapi kemana-mana minta ditemani lantaran takut.

Kemudian, para santri biasanya bersekongkol mencari celah untuk kabur. Karena halnya ingin main di luar area pesantren, dan ada juga yang tidak betah tinggal di pesantren. Namun para santri yang 'nakal' itu tak asal kabur, melainkan mempelajari dahulu sejumlah celah yang bisa digunakan untuk kabur. Dari mulai waktu-waktu penjagaan yang senggang, pintu keluar mana saja yang bisa dilewati dengan mudah, hingga memanjat pagar dengan tangga dan sebagainya.

Dan yang terakhir, ketika tongkrongan santri dibubarkan ketika nongkrong terlalu lama dan melebih batas waktu istriahat. Ketika para guru atau Ustad sudah berkumandang, tongkrongan pun bubar. Karena jika tidak bubar, para antri bisa dikenakan sanksi atau menerima teguran demi membuat para santri disiplin dalam belajar dan beribadah. (FEB/MG)

Sumber: https://merahputih.com/post/read/santri-negeri-aing-yang-berbagi-tongkrongan
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): indonesia,santri indonesia,pesantren,tongkrongan ala santri,santri negeri aing,kamibijak,kami bijak,ramah disabilitas,media ramah disabilitas,merahputih.com,merahputih media