KamiBijak.com, Infosiana. Memiliki keterbatasan belum tentu terbatas dalam membantu sesama. Irna Novita misalnya. Seorang disabilitas kursi roda yang menjadi bagian dari volunteer (sukarelawan) dalam Asian Para Games 2018 ini.

Ditemui oleh tim KamiBijak, ia mengaku bahwa ia mendaftar jadi seorang sukarelawan karena ingin menjadi pembawa manfaat bagi disabiltas yang lain. Ingin membantu disabilitas untuk lebih maju dan lebih percaya diri. Terutama, ingin memperkenalkan kepada masyarakat kalau disabilitas itu ada, dan mereka adalah bagian dari masyarakat juga.

Wanita yang biasa dipanggil Irna ini juga bercerita tentang suka dukanya menjadi seorang volunteer. Ia berkata bahwa lebih banyak suka dibanding duka. Ia merasa senang dengan kebersamaan yang terjalin karena tidak memandangnya berbeda sebagai seorang disabilitas. “Mereka menganggap saya sama, seperti keluarga”, ungkapnya pada KamiBijak.

Sebagai seorang volunteer disabilitas, rasa tidak percaya diri itu pasti ada. Namun dengan adanya Asian Para Games 2018 ini, Irna tidak sendiri. Banyak teman-teman disabilitas lain yang turut menjadi volunteer dan ikut menyukseskan jalannya Asian Para Games 2018 ini.

Ia merasa bangga sebagai disabilitas yang bisa ikut serta dan menjadi saksi sejarah Asian Para Games 2018 sebagai penyandang disabilitas kursi roda.