KabarBijak

Keren, Mahasiswa dan Rektor UM Surabaya Menciptakan Kursi Roda Untuk Mahasiswa Disabilitas

Es-Cede, kursi roda pintar karya mahasiswa UM Surabaya untuk mahasiswa disabilitas.

1608   views

KamiBijak.com, Infosiana – Tidak habis-habis karya yang diciptakan putra-putri terbaik di Indonesia, baru-baru ini mahasiswa dan dosen di salah satu perguruan tinggi di Indonesia yaitu Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menciptakan smart chair for disability (Es-Cede). 

Karya yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini dibuat bertujuan untuk mempermudah mahasiswa untuk melakukan perkuliahan offline. Kegiatan yang dihadiri oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi  ini juga bertujuan untuk meninjau kegiatan vaksinasi drive thru di halaman kampus UM Surabaya. 

Kursi cerdas untuk penyandang disabilitas ini menggunakan alat digital untuk memudahkan penggunanya. Kursi tersebut juga dilengkapi dengan meja multifungsi yang bisa digunakan untuk belajar dan makan, selain itu juga dilengkapi dengan keranjang dan yang menarik perhatian adalah dilengkapi charger handphone dan laptop. 

Menurut Rektor UM Surabaya Dr dr Sukadiono kedepannya produksi Es-Cede akan semakin ditingkatkan sesuai dengan jumlah mahasiswa yang membutuhkan. 

Dalam kegiatan tersebut, Eri juga menjelaskan bahwa Pemkot akan bekerja sama dengan mahasiswa UM Surabaya. Mahasiswa disabilitas yang memiliki keterampilan akan diminta bantuan untuk Pemkot Surabaya. “Setiap manusia pasti punya kelebihan dan kekurangan. Jadi, harus diberikan kesempatan yang sama,” ungkap Eri. 

Tidak hanya sampai disitu, Eri juga turut mengapresiasi inovasi Es-Cede yang diciptakan oleh mahasiswa serta dosen UM Surabaya dan iya juga ia turut mengapresiasi karena UM Surabaya juga turut memberikan kesempatan pendidikan tinggi kepada penyandang disabilitas. Pada kesempatan yang sama, Sukadiono juga menjelaskan bahwa UM Surabaya merupakan kampus yang ramah akan disabilitas. (GLOR/MG)

Sumber : https://www.pressreader.com/indonesia/jawa-pos/20210921/282351157916195 

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:     
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.
=======================================================================
Tag: universitas muhammadiyah surabaya,ums,mahasiswa universitas muhammadiyah surabaya,es cede ums,smart chair for disability,kursi roda,
tekonologi kursi roda,inovasi kursi roda,disabilitas,mahasiswa disabilitas,um surabaya,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com