BijakFlash

Inilah Fakta Nusantara, Ibu Kota Negara Baru yang Dipimpin Oleh Kepala Otorita

DPR telah resmi mengumumkan Nusantara sebagai nama untuk ibu kota negara baru.

701  views

Kamibijak.com, Flash – DPR akhirnya resmi mengumumkan rancangan undang-undang mengenai ibu kota negara (RUU IKN) menjadi UU IKN dalam Sidang Paripurna pada Selasa (18/1/22). Pada kesempatan yang sama juga, Pemerintah semakin menekan Nusantara sebagai nama untuk ibu kota baru yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Diketahui Presiden Jokowi telah mengkonfirmasi penamaan ibu kota tersebut yang diumumkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa.

Melansir dari liputan6.com, ia mengatakan bahwa penamaan ibu kota negara baru menjadi Nusantara ini karena sejak dahulu Indonesia memang sudah terkenal dengan ikonik Nusantara di mata dunia. 

Ternyata sebelum memastikan nama Nusantara, Jokowi telah memiliki 80 nama untuk pertimbangan menjadi nama untuk ibu kota negara baru. Di antaranya adalah Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Nusa Jaya, Pertiwipura, Waanapura, Cakrawalapura, hingga Kertanegara.

Suharso menjelaskan alasan Presiden Jokowi memilih membentuk ibu kota negara baru di tengah wilayah Indonesia ini, hal itu karena dari sisi lokasi letaknya sangat strategis, lalu yang kedua lokasi yang berada di Kalimantan Timur ini dianggap memiliki infrastruktur relatif lengkap, seperti bandara, pelabuhan dan jalan yang lebih baik. 

Berikutnya lokasi ibu kota baru yang berada di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara ini juga dekat dengan dua kota penting yang sudah berkembang, yakni Balikpapan dan Samarinda.

Keempat, ketersediaan lahan yang dimiliki pemerintah sangat memadai untuk pengembangan ibu kota baru. Kelima, minimnya risiko bencana alam. 

Ibu kota negara baru juga akan dipimpin oleh Kepala Otorita IKN, bukan gubernur. Semua itu telah diatur lebih lanjut oleh Peraturan Pemerintah (PP) maupun Peraturan Presiden (Perpres).

Presiden Jokowi telah menyiapkan beberapa nama calon kandidat Kepala Otorita IKN seperti Basuki Tjahaja Purnama, mantan Menristek terakhir Bambang Brodjonegoro, pengusaha sapi Tumiyana, hingga Bupati Banyuwangi Azwar Anas. (GLOR/MG)

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4863643/ketahui-fakta-ibu-kota-negara-baru-bernama-nusantara-yang-dipimpin-kepala-otorita 

#BijakFlash

#KamiBijakChannel

#GenggamDuniaTanpaSuara  

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

Website: http://bit.ly/KamiBijakcom

Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 

Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat