BijakFun

Idul Adha 1441 Hijriyah, Bolehkah Menyembelih Hewan Kurban Betina?

Apakah umat Muslim boleh menyembelih hewan kurban berjenis kelamin betina?

555   views

Kamibijak.com, Hiburan – Tidak lama lagi, umat Muslim akan merayakan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah/2020 Masehi. Pemotongan hewan kurban adalah salah satu kegiatan yang dilakukan setiap perayaan Idul Adha. 

Menyembelih hewan kurban termaksud amalan yang baik dan boleh dilakukan. Namun, apakah kalian pernah bertanya, hewan seperti apa yang diperbolehkan untuk disembelih? Hewan yang diperbolehkan dalam melaksanakan Idul Adha adalah jenis hewan ternak, seperti sapi, kambing, dan domba. Hewan-hewan tersebut bisa dijadikan piliihan hewan kurban. 

Namun, jika kamu membeli hewan, seperti rusa dan keledai untuk melakukan pemotongan hewan kurban, maka hal tersebut tidak sah, dan kamu tidak mendapatkan amal.

Bolehkah berkurban dengan hewan ternak betina? Apakah memang harus selalu melakukan pemotongan hewan kurban dengan jenis kelamin jantan baik dalam kurban?
Sebagian orang berpendapat bahwa hal ini tidak dibolehkan. Lalu, tidak dijelaskan mengenai ketentuan jenis kelamin hewan kurban, baik jantan ataupun betina.

Namun tentu saja rujukan kita bukan apa pendapat orang. Jenis kelamin dalam pemotongan hewan kurban bisa menggunakan hewan kurban jantan maupun betina. Namun, itu semuanya dikembalikan kepada keyakinan masing-masing.

Sumber: https://muslim.okezone.com/read/2020/07/06/614/2241889/hewan-kurban-haruskah-berjenis-kelamin-jantan?page=1

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.