BijakFun

Ian Trehene, Fotografer Pengidap Usher Syndrom Yang Berkarya Tanpa Kemampuan Melihat

Walaupun mengalami Usher Syndrom bukan menjadi penghalang Ian Treherner untuk berhenti menjadi seorang fotografer.

1,025  views

KamiBijak.com, Hiburan - Ian Treherne, pemuda yang dilahirkan tanpa organ serta mengalami kemunduran penglihatan sejak usia 15 tahun. Walaupun kekurangan yang ia alami sejak masa kecil hal itu tidak menjadi kekurangan untuk Ian memposisikan kameranya secara cermat. 

Ian menjelaskan bahwa ia selalu melakukan pengamatan terhadap masa lalunya, karena menurutnya hal itu banyak tidak terlalu diperhatikan bagi seorang fotografer. Kemampuan observasinyalah yang selama ini membantunya dalam dunia foto ini. 

Ian didiagnosa mengalami Usher Syndrom yang di mana syndrom tersebut dialami oleh 30 persen warga di Inggris. Alhasil Ian kehilangan 95 persen penglihatannya dan hanya tersisa lapang pandang sebesar lubang kunci. 

Saat umur 15 tahun Ian Treherne merahasiakan keadaan dan ia mengaku belum siap untuk menerima kekurangannya sebagai penyandang disabilitas. “Waktu itu keadaan masih sulit menerima seorang difabel, banyak halangan yang harus saya lalui, termasuk kemungkinan bullying," ujarnya.

Pria 41 tahun ini sempat melewati masa sulitnya, ia diberhentikan dari pekerjaannya di studio cetak. Karena ia menutupi kekurangannya dan banyak kesalahannya yang ia lakukan di tempat kerjanya, sementara perusahaan tempat ia bekerja tidak mengetahui tentang kekurangannya. 

Tetapi Ian Treherne tidak terus terpuruk dengan kekurangannya, ia terus memperdalam keahliannya di bidang fotografi dan membuat sketsa, selain itu ia juga mencoba untuk membuka dan menerima dirinya dengan keadaan ia yang sebenarnya. 

Sejak itu, Ian menjadikan keahliannya untuk mendapatkan rezeki, ia mengaku banyak mendapatkan ide dari karya fotografer David Bailey and John French. Di tengah penglihatannya yang hanya tersisa 5 persen, Ian Treherne tidak ingin menyerah karena ia percaya bahwa suatu saat jika penglihatannya sudah hilang ia ingin dunia tau bahwa ia adalah seorang fotografer yang mengabadikan gambar tanpa kemampuan melihat.(GLOR/MG)

Sumber:  https://difabel.tempo.co/read/1391258/kisah-inspiratif-ian-treherne-fotografer-disabilitas-netra-tuli-dari-inggris 

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook  
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat

=================================================
Tag: Ian Trehene,Ian Trehene photographer,Ian Trehene blind,Ian Trehene blind photographer,blind,blind photographer,stage house,channel 4 sport,
Usher Syndrom,apa itu  Usher Syndrom,disabilitas,penyandang disabilitas,tunanetra,disabilitas netra,disabilitas inspiratif,media ramah disabilitas,penyandang disabilitas netra,kamibijak,kamibijak.com