KabarBijak

Hoax Video Viral Dokter Tanpa Busana di Surabaya, Bukan Depresi karena Covid-19

Video viral menampilkan dokter gigi wanita tidak berbusana di jalanan Surabaya yang sedang depresi akibat anak dan suaminya meninggal adalah hoax.

2238   views

Kamibijak.com, Infosiana – Sebuah video viral di sosial media memperlihatkan seorang perempuan tanpa berbusana berdiri di pinggir jalan di Surabaya. Sempat beredar kabar bahwa perempuan tersebut adalah seorang dokter gigi yang depresi karena anak dan suaminya meninggal karena covid-19. Benarkah?

Video berdurasi 44 detik tersebut pertamakali diunggah akun twitter @fillipus_nove, 9 Juni lalu. Penggunggah mencantumkan keterangan dalam deskripsi video bahwa dokter gigi depresi karena anak dan suaminya meninggal akibat virus covid-19.

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menelusuri kebenaran informasi tersebut. Kesimpulannya, keterangan yang dicantumkan dalam video itu adalah hoax. Penyebab wanita dokter gigi depresi tidak ada kaitannya dengan covid-19. Suami dan anaknya pun masih hidup dan sehat.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Surabaya dan Ketua RT setempat menyatakan bahwa suami dan anaknya sehat dan berada di rumah mereka.

Istri ketua RT setempat berinisial Lis, mengatakan kejadian yang tertangkap di dalam video adalah 4 hari setelah Idul Fitri.

"Jadi kata warga tiba-tiba saja ibu tersebut pergi keluar rumah dengan kondisi berpakaian lengkap. Tidak tahu seperti apa ceritanya, tiba-tiba beliau melepas pakaiannya di pinggir jalan hingga jadi perhatian orang," kata Lis.

"Kami menyayangkan banyak yang merekam dan bukan segera menutup tubuh beliau. Lalu ada warga yang laporan ke kami. Begitu tahu kami segera ke lokasi bawa selimut dan kain. Sekitar satu jam baru kami bisa membujuk beliau untuk kembali ke rumah yang memang tidak jauh dari lokasi kejadian," papar Iis.

Lis mengatakan, bahwa IS depresi bukan dikarenakan suami dan anaknya terpapar virus Covid-19 dan meninggal.

"Suami dan anaknya ada di rumah. Mereka sehat," terang Iis.

Ketika kejadian, IS tidak menunjukkan gejala orang depresi, dan saat itu keluarganya sedang ada di rumah. “Ketika membujuk beliau pulang kami ditemani dokter pribadinya ya. Beliau juga sempat diberi obat penenang supaya bisa meredam emosinya,” kata Iis. IS adalah warga yang baik dan ramah di lingkungan mereka.

“Orangnya baik sekali. Kami sampai hari ini tidak bertanya pada pihak keluarga ada apa, karena kami juga tidak mau mencampuri urusan beliau. Kami tahu sudah ada dokter pribadi yang menangani, ya sudah,” tutur Iis.

Dr Brahmana Askandar, ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Surabaya juga membenarkan  wanita di video merupakan seorang dokter.  “Betul memang dokter, tapi tidak ada hubungannya dengan COVID-19".

Sumber: https://merahputih.com/post/read/hoaks-atau-fakta-dokter-di-surabaya-lari-telanjang-bulat-stres-suami-dan-anaknya-meninggal-karena-corona
    
#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
Tag: dokter surabaya,dokter gigi surabaya,dokter gigi,surabaya,dokter telanjang,dokter tanpa busana,dokter bugil,dokter depresi,dokter di surabaya depresi,penyebab dokter di surabaya depresi,kamibijak,kami bijak