BijakFun

Heboh! Pesut Muncul di Perairan Sungai Mahakam

Sungai Mahakam di KalTim digemparkan dengan kehadiran beberapa ekor pesut yang berenang liar. Pesut hewan eksotis dari Kalimantan yang terancam punah.

481   views

Kamibijak.com, Hiburan – Perairan Sungai Mahakam, Kalimantan Timur kembali digemparkan dengan kehadiran beberapa ekor pesut. Kehadiran hewan mamalia air ini membuat warga sekitar merasa senang. Pesut jarang ditemui bahkan disebut terancam punah.

Dari video yang beredar, beberapa ekor pesut tampak melompat-lompat dan berenang di sebuah sungai di Kalimantan Timur tersebut. Hal ini diabadikan oleh seorang warga sekitar.

Menurut laman suara.com, pada Selasa (21/7), melalui unggahan akun Twitter @BahriBpp dan @RheyKhabiza warga bersorak saat menyaksikan kemunculan hewan langka tersebut.

"Mantap, mantap, mantap. Banyak sekali pesutnya!" teriak warga yang berada di pinggir sungai.

Pesut Mahakam adalah hewan mamalia yang juga biasa disebut sebagai lumba-lumba air tawar.

Pesut hidup di sungai yang terletak di daerah tropis, khususnya daerah kawasan Asia Tenggara, seperti Sungai Mekong, Sungai Mahakam, dan Sungai Irrawaddy, berbeda dengan lumba-lumba yang tinggal di air laut.

Saat ini, populasi pesut sedang terancam punah. Berdasarkan data 2018, populasi pesut diperkirakan tinggal delapan puluh ekor saja. Delapan puluh ekor tersebut diperkirakan hidup di sungai-sungai Kalimantan.

Pesut terancam punah dikarenakan habitat yang menyusut dan tingkat erosi di dangkalan sungai.

Selain itu, Pesut Mahakam diperkirakan terancam dikarenakan terbatasnya bahan makanan, seperti udang dan ikan. Oleh sebab itu, kemunculan pesut saat ini sangat disyukuri warga sekitaran sungai.

"Ya ampuuun, aku seneng banget lihatnya. Karena dulu pernah membaca katanya pesut udah nggak ditemukan, bahkan di tahun 2019 ada beberapa ekor pesut yang mati .. huaaa sedihnya. Sekarang lihat mereka loncat loncat gitu, aku terharuu.... lestarilah pesut pesut Mahakam," jelas warganet lain.

"Ini beruntung sekali yang bisa rekam kejadian langka lantaran populasi pesut mahakam dah kritis," kata warganet lain.

Sumber: https://www.suara.com/news/2020/07/21/074556/sudah-langka-warga-heboh-pesut-kembali-muncul-di-sungai-mahakam
https://twitter.com/RheyKhabiza/status/1225779728457453568
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): pesut,hewan pesut,viral kemunculan pesut,viral video pesut,pesut sungai mahakam,pesut di kalimantan,video viral,sungai mahakam,hewan endemik kalimantan,pesut mahakam,kalimantan,kamibijak,kami bijak
...