KabarBijak

Harapan KPI Untuk Disabilitas Agar Dapat Menikmati Konten Siaran.

Komisi Penyiaran Indonesia Jelaskan Disabilitas Juga Memiliki Hak Yang Sama dalam Menikmati Informasi dan Konten Siaran di Media.

1,196  views

KamiBijak.com, Infosiana - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bersama tiga lembaga lainnya bertemu dan bersepakat menandatangani surat tentang kesepahaman terkait dukungan kesamaan hak dan kebebasan berekspresi kelompok disabilitas pada media penyiaran. Salah satu anggota KPI Bidang Kelembagaan, Amin Sabanan, menyatakan kerjasama ini dalam rangka untuk mewujudkan dunia industri penyiaran yang inklusif bagi kelompok disabilitas di Indonesia. 

Amin menjelaskan, Kelompok disabilitas memiliki hak-hak akan kebutuhan konten siaran. Diketahui produksi film radio yang menjadi objek garapan dari tiga pihak, secara teknik akan menambahkan deskripsi audio bahasa Indonesia agar dapat diakses kelompok disabilitas netra. “Deskripsi audio ini diberikan pada scene film non dialog. Harapannya, penyandang disabilitas netra juga dapat merasakan atmosfer yang terjadi dalam scene tersebut,” ucap Amin.

Ketua KPI pusat, Ubaidillah berharap ke depannya ada kesempatan yang sama untuk kelompok disabilitas agar dapat menikmati konten siaran yang sama. Sebagaimana isi Undang-undang. “Selama ini KPI selalu menerima aspirasi dari berbagai kelompok disabilitas, misalnya untuk keberadaan bahasa isyarat di televisi,” tambah Ketua KPI. 

Ubaidillah mengatakan, selain mendapatkan akses dalam siaran, kelompok disabilitas juga berhak untuk mendapatkan kesempatan berkiprah pada dunia penyiaran. “Saya berharap, program inovatif dalam meningkatkan kualitas siaran dan keterjangkauan siaran untuk sebanyak mungkin kelompok masyarakat, tetap memperhatikan aturan yang berlaku dan tidak mengganggu kepentingan teman-teman kelompok disabilitas,”tegas Ubaidillah. (Faridz/MG)

Sumber: republika.co.id

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.