BijakFlash

Google Luncurkan Aplikasi Baru untuk Bantu Teman Disabilitas

Google meluncurkan aplikasi untuk memudahkan teman-teman yang memiliki gangguan bicara untuk berkomunikasi.

891  views

Kamibijak.com, Flash – Google menghadirkan aplikasi android yang bernama Look To Speech. Software ini berfungsi untuk penggunanya memakai ponselnya lewat lirikan mata saja. 

Aplikasi ini hadir untuk membantu dan mempermudah komunikasi bagi teman-teman yang memiliki gangguan dalam bicara dan motorik. 

"Perangkat lunak ini dibuat untuk memungkinkan orang-orang yang memiliki kemampuan bicara terbatas atau non-verbal memilih frasa yang telah ditentukan sebelumnya, dapat disesuaikan menggunakan mata," kata Richard Cave, ahli patologi wicara dan bahasa Google yang mengembangkan teknologi ini, dikutip dari Forbes pada Selasa 8 Desember 2020.

Look to Speech adalah hasil eksperimen Google yang bernama Start With One untuk teman Disabilitas. Selama ini, Start With One mengembangkan teknologi yang memiliki dampak untuk kelompok pengguna dengan kemampuan yang berbeda-beda. 

Kemampuan untuk mempersonalisasikan kata dan frasa adalah salah satu fitur favorit dari aplikasi Look To Speech. Penggunanya hanya perlu untuk melihat ke kiri, kanan, atas ataupun bawah secara cepat saat ingin memilih frasa yang ingin digunakan dari list yang ada.

Selain itu, frase dapat diedit dan juga pengaturan tatapan dapat disetel dengan baik, ketika tidak dapat diakses dengan tatapan mata, dapat dilakukan dengan ketukan manual di layar ponsel.(KEI/MG)

Sumber: https://difabel.tempo.co/read/1413556/google-buat-aplikasi-look-to-speech-untuk-disabilitas-wicara-cukup-melirik-saja/full&view=ok 
https://www.theverge.com/2020/12/8/22160011/google-look-to-speak-eye-tracking-android-disability


#BijakFlash
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara


Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 


Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 


Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.


==============
TAG(S): google,look to speech,aplikasi look to speech,look to speech review,look to speech tutorial,google look to speech,android,start with one,disabilitas,teman disabilitas,kamibijak,kami bijak