BijakFun

Ernest Regia Jadi Satu-Satunya Peserta Indonesia yang Menangkan Olimpiade Sains

Ernest Regia merupakan peserta satu-satunya dari Indonesia yang memenangkan Olimpiade Sains. Turut berbangga!

785  views

KamiBijak.com, Hiburan - Seorang mahasiswa non-disabilitas asal Indonesia, Ernest Regia Achmad Chandra, berkuliah di Suleyman Demirel University di kota Almaty, Kazakhstan. Dia mengambil jurusan Matematika (Pedagogis), Fakultas Pendidikan Humaniora. Ernest meraih juara 1 Olimpiade Sains Mahasiswa Republik ke-16 di Universitas Buketov, Karaganda, Kazakhstan pada 25 April 2024 lalu. Keren!

Dia juga menjadi juara 1 individual dan juara 1 tim kampus, di mana dia bersaing dalam lomba matematika, menyelesaikan soal-soal kalkulus, linear dan aljabar yang mengalahkan 48 peserta Kazakhstan dari 16 universitas. Dia peserta satu-satunya dari Indonesia. Wow, Indonesia tentu sangat bangga!

Sebelumnya, dia lulusan dari SMU Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School Bogor pun banyak menghasilkan prestasi. Dia meraih Medali Perunggu OSN Tingkat Nasional 2018 Padang,  Juara 1 OSN Tingkat Provinsi dan Kabupaten pada 2018, dan Juara 5 Olimpiade Matematika antar-Sekolah Islam dan Madrasah se Indonesia OPTIKA17 2017 UIN Syarif Hidayatullah. 

Ernest juga menjadi semifinalis Tahfizh Quran se-Kementerian Keuangan 2017,  dan Juara 2 Tahfizh Quran se-Kementerian Keuangan 2015. Selain itu, Ernest pernah meraih medali emas dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) oleh Kemenag RI pada 2021. 

Kepiawaiannya dalam matematika juga pernah membawanya meraih penghargaan absolute winner dalam kompetisi matematika internasional, yakni International Eduversal Mathematics Competition (I-EMC) yang diselenggarakan secara daring pada 20 Maret 2021.

Pada 2023, Ernest berhasil meraih sejumlah medali emas dari berbagai kompetisi nasional. Itu di antaranya Medali Emas Matematika untuk Sarjana Kompetisi Sains Mahasiswa Nasional (KS2N) Presmanesia Tingkat Nasional 2023 di Yogyakarta, dan Medali Emas Matematika untuk Sarjana Ajang Kompetisi Sains Indonesia (AKSI) Puskanas Tingkat Nasional 2023 di Yogyakarta.

Selain matematika, Ernest juga memiliki hobi bermain catur. Dia pernah mengikuti sejumlah kompetisi catur dan meraih prestasi di bidang ini. Prestasi caturnya di antaranya, 96th (2/9) of 120 Telkom Chess Competition National Level 2023 UKM Catur Telkom  University Jakarta, 13th (3/1//7) of 29 Student Chess Championship of Bogor 2021 Indonesian Chess Association (Percasi) di Bogor, Indonesian Student Sports Development Board (Bapopsi) di Bogor, dan  97th (5/9) of 251 Unesa Chess Tournament National Level 2021 Universitas Negeri Surabaya.

Wow, bangga sekali dengan Ernest, semoga dia bisa menginspirasi banyak pemuda Indonesia, terutama teman-teman disabilitas yang kemudian menjadi termotivasi untuk terus berprestasi. (Restu)

Sumber: tempo.co

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.