BijakFlash

Donna Renata: Bangun Komunitas Tuli Peduli Bitung Berkat Membantu Teman

Donna Renata adalah seorang founder Komunitas Tuli Peduli Bitung (Kaleb) yang berbasis di Kota Bitung, Sulawesi Utara.

331   views

Kamibijak.com, Flash–  Donna Renata, seorang Founder Komunitas Tuli Peduli Bitung (Kaleb) menceritakan perjalanannya saat terjun di dunia Disabilitas. Kaleb adalah komunitas yang menyasar bidang ekonomi kreatif.

Kaleb terdiri dari anggota teman tuli di Kota Bitung, Sulawesi Utara. Selain bergerak di bidang ekonomi, Kaleb juga menyasar pendidikan inklusif.

“Jauh sebelum Kaleb berdiri, itu awalnya saya bertemu dengan teman Tuli di bangku kuliah di Jakarta,” jelas Donna dalam Kongkow Inklusif Konekin (18/7).a

Saat itu, Donna bertemu dengan teman tuli bernama Yuri, rekan seangkatan di jurusan pendidikan seni rupa. Donna melihat Yuri kesulitan mengikuti mata pelajaran.

“Dia kesulitan mengikuti pelajaran, mau bercerita pun susah karena siapa yang mau dengar. Aku putuskan untuk bertanya, menggunakan ketikan di ponsel, ternyata dia susah membaca bibir dosen karena menghadap ke papan tulis saat menerangkan,” tutur Donna.

Setelah itu, Donna meminta agar Yuri mengajarkan Bahasa isyarat. “Dengan menjelaskan kepada Yuri, materi-materi itu jadi lebih mudah saya ingat,” jelasnya.

Kemudian, pada 2013, Donna bertemu dengan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB), saling bertukar nomor, mengobrol hingga melakukan kegiatan bersama. Mereka memutuskan untuk membuat komunitas.

“Jadi kami mengenal satu sama lain dulu sebelum membuat komunitas. Setelah saling mengenal, barulah Kaleb terbentuk,” pangkasnya.

Sumber: https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4320863/berawal-dari-bantu-teman-donna-renata-kini-berhasil-bangun-komunitas-tuli-bitung

https://www.facebook.com/kaleb.sulut/about/?ref=page_internal
https://www.instagram.com/kaleb.sulut/?igshid=1tejsvd8u15su


#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): komunitas tuli peduli bitung,komunitas tuli bitung,komunitas tuli,komunitas teman tuli,teman tuli,kota bitung,sulawesi utara,disabilitas tuli,kamibijak,kami bijak
...