BijakFlash

Disambut Positif Disabilitas, Begini Cara Menggunakan Grabgerak

Selain GrabGerak, Grab juga memperkenalkan program ‘Mendobrak Sunyi’ yang merupakan salah satu  dari komitmen ‘Grab for Good’, yaitu teks terjemahan..

470   views

Kamibijak.com, Flash. Kini teman-teman disabilitas dapat menikmati layanan baru dari Grab Indonesia, bernama GrabGerak. Layanan mendapat sambutan positif, tapi bagaimana cara menggunakannya ya?

Setelah sebelumnya diperkenalkan di DKI Jakarta, Yogyakarta, dan Medan, Grab Indonesia kembali merilis GrabGerak di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (17/19). Peluncuran di Semarang nampaknya dilakukan karena jumlah warga penyandang disabilitas di ibu kota Jawa Tengah tersebut cukup banyak.

Merujuk pada rekapitulasi data 2017 dan 2018, jumlah penyandang disabilitas di Kota Semarang mencapai 1.754 jiwa. Kehadiran GrabGerak diharapkan menjadi solusi transportasi yang dikhususkan untuk mendukung para penyandang disabilitas dalam melakukan kegiatannya.

Tujuan mulia ini sejalan dengan kampanye Grab yang memiliki misi tertentu. Yakni misi 'Grab For Good' yang bertujuan untuk memberikan dampak positif  kepada semua orang, dan memberi kesempatan kepada masyarakat Asia Tenggara tanpa terkecuali, dalam menyambut masa depan ekonomi digital pada 2025.

Pemerintah Kota Semarang yang juga mempunyai komitmen serupa terkait hak para penyandang disabilitas di berbagai aspek kehidupan masyarakat. Maka dengan hadirnya layanan ini, para penyandang disbilitas dapat menikmati layanan transportasi dari Grab yang aman, nyaman, dan terjangkau.

“Dengan dukungan dari mitra Grab di Kota Semarang yang turut mengoperasikan GrabGerak, saya meyakini aksesbilitas saudara disabilitas kita menjadi lebih mudah. Semoga semakin banyak perusahaan yang turut mengikuti Grab dalam membuat produk tidak hanya social investment, namun juga mengusung social entrepreneurship dalam menajalankan bisnis mereka,” ujar  Muthohar, Kepala Dinas Sosial Kota Semarang membacakan kata sambutan Walikota Semarang H. Hendrar Prihadi, SE, MM, ketika peluncuran GrabGerak, Selasa (17/12/2019).

Pelatihan khusus diberikan kepada 200 mitra pengemudi GrabGerak mengenai pelayanan terhadap penumpang disabilitas, seperti penanganan kursi roda dan perangkat mobilitas lainnya. Mereka juga dilatih untuk membantu memindahkan penumpang berkebutuhan khusus dari kursi roda ke dalam kendaran.

Dikutip dari cnbcIndonesia, Abriyani Muharomah selaku City Manager Grab Semarang mengatakan, suatu kebanggan bagi Grab Indonesia dapat meluncurkan fitur layanan terbaru yang dikhususkan bagi teman-teman disabilitas.

“ GrabGerak merupakan suatu bukti nyata dari misi kami 2025 ‘GrabForGood’untuk memberikan sebanyak mungkin dampak positif bagi semua orang, tanpa terkecuali. Kami berharap dengan diperluasnya jangkauan GrabGerak di Kota Semarang ini, Grab bisa melayani lebih banyak penyandang disabilitas di Tanah Air. Grab ingin hadir tengah-tengah masyarakat Indonesia untuk memberikan manfaat dalam berkehidupan,” ujarnya.

Hal ini juga mendapat sambutan positif dari teman-teman penyandang disabilitas yang diwakili oleh Sugeng Widodo, Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPID) Jawa Tengah yang mengapresisasi fitur GrabGerak yang menurutnya sangat memperhatikan teman-teman Disabilitas dalam beraktivitas.

“ Teman-teman dengan disabilitas membutuhkan lebih banyak dukungan akses mobilitas yang lebih memadai, baik di trasnportasi public maupun di fasilias umum. Harapan saya, GrabGerak dapat mempermudah mobilitas teman-teman disabilitas dengan bantuan para mitra pemngemudinya yang telah bersertifikasi khusus.”

Bagi teman-teman penyandang disabilitas yang ingin menggunakan layanan GrabGerak, dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

 

1. Download aplikasi Grab, lalu masukkan lokasi tujuan.
2. Pilih layanan GrabGerak yang berada dibawah kategori ‘Transporasi’ pada layara pemesanan
3. Grab akan mencari mitra pengemudi GrabGerak terdekat.
4. Akan muncul konfirmasi bahwa Anda telah terhubung dengan mitra pengemudi
5. Anda siap berangkat.

Selain GrabGerak, Grab juga memperkenalkan program ‘Mendobrak Sunyi’ yang merupakan salah satu  dari komitmen ‘Grab for Good’, yaitu dengan menambahkan teks terjemahan (subtitles) pada materi pendaftaran dan pelatihan mitra pengemudi Tuli serta melati tim layanan pelanggan Grab dengan kemampuan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) dasar untuk membantu mitra pengemudi Tuli.

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20191217195231-33-123928/pasca-3-kota-giliran-disabilitas-semarang-nikmati-grabgerak

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel:   

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.