BijakFun

Dini Defitri, Gadis Tuli Pengrajin Tali Kur di Acara HDI 2021

Menjadi seorang gadis Tuli tidak menjadi hambatan bagi Dini untuk berkreasi. Ia bisa berkarya, begini kisahnya!

110   views

Kamibijak.com, Hiburan –  Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021 adalah tahun kedua selama pandemi Covid-19. Terdapat sebuah stan unik yang menjual aneka kerajinan tangan berbahan tali kur di sebelah kanan pojok ruangan Gedung Aneka Bhakti (GAB), Komplek Kementerian Sosial Jakarta.

Dengan menggunakan protokol kesehatan, rangkaian acara berjalan dengan lancar dan teman-teman Disabilitas terlihat bahagia dan gembira.

Setiap pengunjung yang datang ke stan tersebut akan disajikan pemandangan berwarna-warni di atas pangkuan Dini Defitri. Jari-jarinya terlihat lincah mengaitkan simpul tali menjadi aneka kerajinan tangan yang unik dan memiliki nilai seni.

Dini Defitri yang akrab disapa Dini ialah seorang gadis Tuli penerima manfaat binaan Balai Besar Kartini Temanggung. Ia mulai mendapat bimbingan Asistensi Rehabilitas Sosial pada September lalu. Setelah mendapatkan program tersebut, Dini mampu menciptakan aneka konektor masker, tas kain, gelang hingga dompet untuk ponsel.

“Bahannya dari tali kur yang dikasih sama Balai. Untuk buat biasanya dari pukul setengah delapan pagi hingga lima sore,” ungkap Dini ketika ditemui dalam Pameran HDI 2021 di GAB, Kamis (2/12) sore yang dikutip dari jpn.com.

Raut wajah gembira terlukis di wajah Dini ketika hasil kerajinan tangannya laku keras dalam rangkaian HDI 2021. Ia dengan bangga memperlihatkan kemampuan membuat gelang dari tali kur dan juga konektor masker yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit.

Dini ingin menjadi pengusaha muda yang mampu membuat berbagai macam karya kerajinan tangan dari tali kur. “Saya senang bisa ikut pelatihan di Balai. Dapat ilmu, ketemu teman-teman baru, juga menerima bantuan dari Kemensos untuk memulai usaha di rumah,”ujar Dini.(KEI/MG)

Sumber: https://www.jpnn.com/news/dini-defitri-sang-perajut-tali-kur-merajut-asa-masa-depan-gemilang

#BijakFun

#KamiBijakChannel

#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel  

Follow kami juga di sini: 

Website: http://bit.ly/KamiBijakcom  

Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram  

Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok  

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.