Lewati Iklan malesbanget.com

Detik-detik Menegangkan Jurnalis Indonesia Tertembak saat Liput Demo di Hong Kong

Mata seorang jurnalis asal Indonesia di laporkan butas setalah tertempak peluru karet saat meliput aksi demo di Hong Kong

40   views

KamiBijak.com, Infosiana. Seorang jurnalis Indonesia tertembak saat meliput demo di Hong Kong. Jurnalis perempuan tersebut bernama Veby Mega Indah. Salah satu matanya dilaporkan mengalami kebutaan setelah tertembak peluru karet. 

Peristiwa itu terjadi saat Veby berada di tengah-tengah demonstran di bawah Jembatan Wan Chai bersama sejumah jurnalis lainnya, Minggu 29 September 2019. Dilaporkan, peluru karet menembus kacamata pelindung yang Ia gunakan. 

Dalam video yang beredar di BBC pada Rabu, 2 Oktober 2019, terlihat bahwa polisi Hong Kong menembakkan peluru karet ke arah demonstran.

Pengacara dari Veby mengatakan peluru diduga ditembakan dari jarak 12 meter dan melukai dua matanya. Sesaat setelah detik-detik menegangkan itu terjadi, Veby langsung dibawa ke rumah sakit. Dokter rumah sakit menyebut tembakan tersebut menyebabkan kebutaan salah satu mata. 

Begitu mengetahui ada warga negaranya yang tertembak, Konsulat Indonesia di Hong Kong meminta semua WNI untuk menghindari area Wan Chai dan area lainnya yang terdampak demonstrasi. Anis Hidayah selaku Direktur Migrant Care, menuturkan bahwa pemerintah harus bertanggung jawab atas terlukanya Veby.

Pada Rabu, 2 Oktober 2019, para demonstran kembali menggelar aksi untuk mengecam polisi yang menggunakan cara kekerasan. Polisi setempat diberitakan sudah menangkap 269 orang. Unjuk rasa itu juga menyebabkan 100 orang dilarikan ke rumah sakit dan 30 aparat kepolisian terluka.

Masyarakat Hong Kong memang sedang melakukan rangkaian demonstrasi sejak Juni lalu. Aksi dipicu oleh protes massa yang menolak pembentukan RUU Ekstradisi kontroversial yang memungkinkan seorang pelanggar hukum untuk diekstradisi dan menjalani proses peradilan di sistem hukum Tiongkok.

Sumber: https://internasional.kompas.com/read/2019/10/03/08024471/ditembak-peluru-karet-oleh-polisi-hong-kong-1-mata-jurnalis-indonesia?page=1

https://www.liputan6.com/global/read/4036894/5-fakta-demonstrasi-di-hong-kong-bandara-ditutup-hingga-jejak-triad

#Infosiana

#KamiBijakID

#GenggamDuniaTanpaSuara

#HariBahasaIsyaratInternasional2019

#Gerkatin

----

Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton. Like, follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat dalam membuat konten yang lebih bermanfaat.