KabarBijak

Budidaya Ikan Koi Bantu Disabilitas Netra Tingkatkan Ekonomi

Pelatihan budidaya ikan Koi merangkul penyandang disabilitas netra untuk meningkatkan perekonomian.

390   views

Kamibijak.com, Infosiana - Sudarsono selaku Kepala Balai Wyta Bandung menjelaskan bahwa adanya pelatihan budidaya ikan koi bagi disabilitas netra ini guna mewujudkan kemandirian ekonomi serta memberikan pengembangan bagi para penyandang disabilitas agar selalu produktif. 

Sudarsono juga mengatakan bahwa pemerintah juga mendukung para disabilitas netra untuk mengembangkan budidaya ikan koi melalui fasilitas yang diberikan. “Untuk peserta semua penyandang disabilitas tidak hanya netra karena konsep multi layanan sesuai arahan Menteri Sosial," kata Sudarsono seperti dilansir dari siaran pers di laman Kementerian Sosial pada Jumat (11/6/2021).

Melalui pelatihan yang diadakan oleh Balai Wyta Bandung yang bekerja sama dengan sistensi Rehabilitas Sosial (ATENSI) diharapkan agar masyarakat dapat menambah ilmu dan keterampilan."Peserta pelatihan agar bisa diberdayakan sesuai keterampilan yang dimiliki untuk mencapai kemandirian secara ekonomi," ujar Sudarsono. 

Sudarsono juga mengungkapkan bahwa kedepannya bukan hanya budidaya ikan koi saja, ia berharap jika ke depannya juga akan diadakan budidaya ikan hias terlebih pada saat ini banyak orang yang sedang memelihara ikan hias. Pelatihan ini akan segera dilaksanakan setelah beberapa persiapan dituntaskan seperti modul, kriteria, sarana prasarana, dan para instruktur. 

Deki Andriansyah selaku penanggung jawab pelatihan ini menjelaskan bahwa para disabilitas netra akan diajarkan mengenai bisnis budidaya ikan koi dan ikan hias.

Adanya bisnis ini mampu mengembangkitkan kembali perekonomian yang sempat terpuruk karena adanya pandemi Covid-19 yang melanda berbagai negara salah satunya Indonesia. (Lina/MG)

Sumber: https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4579530/lewat-pelatihan-budi-daya-ikan-koi-disabilitas-netra-didorong-mencapai-kemandirian-ekonomi 

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara
 


Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: https://www.youtube.com/c/KamiBijakID 

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

=====================
Tag: disabilitas netra,teman netra,pemberdayaan disabilitas,tunanetra,budidaya ikan koi,budidaya ikan koi disabilitas,disabilitas inspiratif,balai wyata guna,balai wyata guna bandung,brspdsn wyata guna bandung,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com