BijakFun

Beli Hewan Kurban bisa Patungan? Yuk Simak!

Apakah boleh dalam hukum Islam, patungan dalam berkurban?

300   views

Kamibijak.com, Hiburan – Sebentar lagi umat Islam akan merayakan Idul Adha 1441 Hijriah. Idul Adha merupakan acara akbar yang dirayakan umat muslim sedunia selain Idul Fitri.

Dalam merayakan momen istimewa ini, umat Islam bisa berbagi kebahagiaan kepada saudara seiman ataupun tidak. Selain itu, yang paling berkesan dalam merayakan Idul Adha adalah perintah untuk berkurban. Muslimin berusaha agar mereka bisa menyembelih hewan kurban, baik seorang diri, ataupun kelompok.

Namun, bagaimana hukumnya jika berkurban dengan cara patungan atau uang iuran? Ini bertujuan untuk meringankan beban yang ingin membeli hewan kurban.

Menurut laman Lirboyo, patungan untuk membeli hewan kurban diperbolehkan, dengan tidak melebihi batas ketentuan hewan kurban. Hewan kurban menjadi tidak sah ketika melebihi jumlah hewan kurban. Seperti satu kambing dikhususkan untuk satu orang dan Sapi untuk tujuh orang. 

Jika melebihi batas jumlah yang diharuskan, maka sifatnya akan menjadi sedekah saja. Walaupun begitu, selain beribadah, Idul Adha juga memiliki nilai sosial. 

"Ada manfaat ekonomi yang besar sekali yang dapat kita raih dari ibadah ini. Kita melibatkan ratusan bahkan ribuan peternak yang sangat berharap sekali dalam situasi covid-19 ini. Karena mereka sempat khawatir apakah hewan ternaknya dapat dibeli para pekurban. Oleh karena itu, manfaat ekonomi (dari kurban) adalah membuka lapangan pekerjaan bagi ribuan bahkan jutaan peternak," ujar Insan melalui laman Republika.

Sumber: https://muslim.okezone.com/read/2020/07/05/614/2241311/berkurban-dengan-cara-patungan-ini-hukumnya?page=1
https://kalam.sindonews.com/read/59889/70/kurban-di-saat-pandemi-buktikan-ketakwaan-dan-keikhlasan-1591348019

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.