KabarBijak

Anak Ditolak SMK karena Disabilitas, Begini Klarifikasi Pihak Sekolah

Seorang ibu mengaku anaknya ditolak SMK karena disabilitas.

239  views

KamiBijak.com, Infosiana - Sebagian kaum disabilitas masih menghadapi kesulitan dalam mengakses pendidikan. Hal ini juga dialami oleh Reihan El Saputra, Anak Berkebutuhan Khusus asal Kota Bekasi, Jawa Barat yang tengah berjuang untuk mendapatkan pendidikan. Remaja pengguna kursi roda ini telah lulus jenjang SMP dan memiliki keinginan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. 

Didampingi sang ibu, Elin, Reihan sempat mendaftar melalui jalur afirmasi ke SMKN 15 Mustikajaya, yang merupakan sekolah terdekat dari kediamannya, di Dukuh Jamrud Blok P31 RT 04 RW 30, Mustikajaya. 

Tak bisa berbuat banyak, Elin akhirnya memberanikan diri mengadukan masalah ini saat reses Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bekasi di Mustikasari, Sabtu 11 Juni 2022.

Hal ini kemudian ditindaklanjuti Anggota DPRD Kota Bekasi, Tumai, dengan mendatangi SMKN 15 Mustikajaya, Senin 13 Juni 2022. Namun pihak sekolah bersikukuh tidak melakukan penolakan. 

Kepala Sekolah SMKN 15 Mustikajaya, Supriatin, meluruskan bahwa pihak sekolah tidak pernah menolak orang disabilitas maupun ABK. Hal ini, lanjutnya, dibuktikan dengan adanya dua alumni ABK di sekolah tersebut. Hal ini, kata Supriatin, diperlukan untuk mengetahui apakah para guru nantinya bisa meng-handle atau tidak, dikarenakan sekolah tidak memiliki tenaga pendidik khusus untuk siswa ABK.

Pihak sekolah juga menyebutkan telah berkoordinasi dengan aparatur pemerintahan terkait, di antaranya camat, lurah hingga dinas sosial, untuk membantu mengakomodasi berkas yang diajukan tersebut. 

“Kenapa kami minta ini, karena kan melihat kondisi dari calon siswa itu tadi kan berbeda. Jadi kalau sudah dapat surat dari dokter, kita kan tahu bagaimana meng-handle siswa ini untuk selanjutnya. Karena memang harus mengkondisikan semuanya,” papar Supriatin (Sonia/MG)

Sumber : Liputan.com

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom   
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram   
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok   

Terima kasih sudah menonton. Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.