KabarBijak

Indonesia Tertinggi di Dunia Pada Kasus Kematian Anak Karena Covid-19

Akibat virus Covid-19, Indonesia memuncaki kematian anak tertinggi di dunia

1544   views

KamiBijak, Infosiana – Virus Covid-19 masih belum tuntas, data menunjukan setiap harinya masih saja bertambah. Di Indonesia sendiri setiap harinya jumlah pasien Covid-19 semakin membludak, dan kali ini korbannya adalah anak-anak.

Menurut ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Aman B Pulungan mengungkap kasus corona pada anak di Indonesia saat ini mencapai 12,5 persen. Data IDAI menunjukkan case fatality ratenya adalah 3 sampai 5 persen. Kesimpulan tersebut menunjukkan bahwa kasus ini menjadikan Indonesia yang tertinggi di dunia.

Aman Bhakti menjelaskan, dari total kasus positif Covid-19 nasional saat ini, 12,5 persen dikontribusikan anak usia 0 hingga 18 tahun. Ini menunjukkan, satu dari delapan kasus positif Covid-19 di Indonesia merupakan anak.

“Saya sering mengatakan 50 persen kematian anak itu balita. Jadi dari seluruh anak yang meninggal itu 50 persennya balita. Sementara kita lihat di DKI saja 144 yang balita. Kita lihat di DKI testingnya banyak, masalahnya di tempat lain testingnya sedikit. Di-discount selalu testing ini,” papar Aman Bhakti.

Karena kasus yang banyak ini, IDAI menghimbau semua kegiatan yang melibatkan anak usia 0-18 tahun diselenggarakan secara daring saat ini. Orangtua atau pengasuh harus mendampingi anak saat beraktivitas daring maupung luring.

Aman Bhakti menuturkan, Kasus dari situasi Covid-19 pada anak di Indonesia mengkhawatirkan. Sebab, hingga kini sebagian besar rumah sakit belum memiliki ruang ICU (Intensive Care Unit) khusus anak. Juga, obat-obatan termasuk Intravenous Fluid Drops (IVFD) terbatas karena tidak masuk dalam skema pelayanan BPJS (Badan penyelenggara Jaminan Sosial) kesehatan.

“Mari kita jaga anak-anak Indonesia yang hampir 90 juta ini, yang lahir setiap tahun 5 juta. Penuhi hak anak untuk sehat baik fisik maupun metal demi masa depan yang lebih baik. Hidup kita untuk apa kalau bukan anak, jaga anak kita. Jangan sampai anak ada yang sakit.” himbau Aman Bhakti. (Joang/MG)

Sumber : https://kumparan.com/kumparannews/kematian-corona-anak-di-ri-tertinggi-di-dunia-kasus-positif-12-5-1vxuoLqdScF/full
https://www.merdeka.com/peristiwa/idai-kematian-anak-akibat-covid-19-di-ri-tertinggi-di-dunia.html

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel
Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.
===================
Tag: covid-19,covid-19 indonesia,kasus covid-19 indonesia,angka kematian covid-19,angka kematian covid-19 indonesia,angka kematian anak,angka kematian anak karena covid-19,angka kematian anak karena covid-19 indonesia,covid-19 dunia,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com